PENGALAMAN MAHASISWA SURABAYA TERHADAP PERUBAHAN PROSES KOMUNIKASI DALAM SISTEM KULIAH ONLINE

Luluk Afifi, Ayu wulandari utami, Diana Amalia

Abstract


Dimasa pandemi saat ini sangat berpengaruh besar terhadap perubahan kehidupan manusia. Perubahan tersebut berdampak di berbagai bidang salah satunya pedidikan. Pemerintah mengambil kebijakan diadakannya pembelajaran jarak jauh atau kelas online dengan memanfaatkan teknologi internet. Kelas online merupakan salah satu pemutus mata rantai virus covid-19 di Indonesia. Dalam studi ini, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melaui wawancara adalah wawancara dan observasi. Peneliti melakukan wawancara online dan google form, mengingat masih diberlakukan social distancing. Dalam penelitian ini peneliti bertujuan untuk mengetahui pengalaman mahasiswa Surabaya dalam penerapan kelas online. Penelitian ini menggunakan teori Determinisme Teknologi dari Marshall McLuhan merupakan Kemajuan teknologi tmembuat perubahan pada diri manusia karena teknologi membentuk diri manusia, dimana mereka berfikir, bersikap dan menentukan pilihan berdasarkan teknologi yang mempengaruhinya. Hasil dan pembahasan studi ini yaitu dari 20 responden yang melakukan wawancara melalui formulir google form dan 2 responden melalui telepon, pengalaman mahasiswa Surabaya terhadap perubahan proses komunikasi dalam perubahan sistem pembelajaran tatap muka menjadi online / daring. Setelah dilakukan penelitian oleh penulis, terdapat temuan temuan sebagai berikut (a) Awalnya mahasiswa mengalami kesulitan karena tiba-tiba harus belajar secara daring sedangkan sistem dan perangkat belum disiapkan oleh kampus terkait sistem proses kuliah, penugasan dan ujian semester, belum ada aturan khusus. mahasiswa butuh waktu untuk menyesuaikan kuliah daring (b) Kendala lain, ialah jaringan internet yang tidak stabil sehingga penerimaan materi yang disampaikan dosen kurang maksimal, sering terjadi miskomunikasi, penyerapan materi terganggu, sehingga materi tidak diterima secara utuh , sehingga nilai ujian yang didapat rendah (c) Semakin lama mahasiswa bisa menyesuaikan kuliah online, adanya teknologi membawa banyak dalam perkuliahan, dalam menerima materi mahasiswa bisa mengakses materi dosen dan dari berbagai sumber, menyelesaikan tugas kelompok tanpa harus bertemu dapat mempersingkat waktu tanpa terbatasi ruang dan waktu. Mahasiswa merasa dimudahkan dengan adanya aplikasi yang beragam karena tidak dipungkiri lagi adanya teknologi mempermudah mahasiswa dalam belajar.
Keywords : Kelas Online, Pandemi, Perubahan Komunikasi

References


Daftar Pustaka

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

A'rof, N. I., Ahwan, Z., Sos, S., & Kom, M. I. (2018). Studi Etnografi Komunikasi Pergeseran Nama Bercirikan Identitas Jawa Tengger pada Era Generasi 2000-An Suku Tengger Di Kabupaten Pasuruan (Tinjauan Kritis Teori Determinisme Perkembangan Teknologi). JURNAL HERITAGE, 6(2), 8-15.

Batubara, H. H. (2018). Pelatihan E-learning Berbasis Moodle untuk Dosen-dosen Universitas Islam Kalimantan Mab Banjarmasin. JCES (Journal of Character Education Society), 1(1), 57-66.

Budiman, H. (2017). Peran teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31-43.

COMMED, J. (2017). Perubahan media komunikasi dalam pola komunikasi keluarga di era digital. Commed: Jurnal Komunikasi dan Media, 1(1), 69-81.

Cucus, A., & Aprilinda, Y. (2016). Pengembangan E-Learning Berbasis Multimedia untuk Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh. Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika), 7(2).

Darmawan, D. (2012). Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: PT Rosdakarya

Febriana, A. I. D. (2018). Determinasi Teknologi Komunikasi Dan Tutupnya Media Sosial Path. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(2), 86-95.

Hasibuan, N. (2015). Pengembangan pendidikan Islam dengan implikasi teknologi pendidikan. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 1(2), 189-206.

Hidayat, D., & Noeraida, N. (2020). PENGALAMAN KOMUNIKASI SISWA MELAKUKAN KELAS ONLINE SELAMA PANDEMI COVID–19. JIKE: Jurnal Ilmu Komunikasi Efek, 3(2), 172-182.

Kompas.com. 2020. Benarkah Virus Corona Penyebab Covid-19 Berasal dari Pasar Wuhan?. https://www.kompas.com/tren/read/2020/04/09/061000865/benarkah-virus-corona-penyebab-covid-19-berasal-dari-pasar-wuhan

Kumparan.com. 2020. Nadiem Ungkap Hikmah Pandemi Corona di Hari Pendidikan: Ini Saatnya Berinovasi. https://m.kumparan.com/kumparannews/nadiem-ungkap-hikmah-pandemi-corona-di-hari-pendidikan-ini-saatnya-berinovasi-1tKpxFBgLO8/full

Kustandi, C. (2017). Efektivitas E-Learning Berbasis Edmondo dan Schoology Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Mahasiwa Program Studi Teknologi Pendidikan FIP UNJ Pada Mata Kuliah Profesi Pendidikan. Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan, 2(1).

Mulyana, D. (2008). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Nasution, R. D. (2019, June). MENEROPONG MASA DEPAN PENDIDIKAN DI INDONESIA (Penerapan Virtual Learning di Indonesia). In Seminar Nasional Pendidikan 2015 (pp. 489-497).

Rakhmat, J. (2011). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Urrohman, A. Pengaruh penggunaan internet terhadap perilaku siswa dalam mencari informasi di SMPN 2 Lohbener (Bachelor's thesis, Jakarta: Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah).

Watie, EDS (2016). Komunikasi dan media sosial (komunikasi dan media sosial). Jurnal The Messenger , 3 (2), 69-74.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Sosial Ekonomi dan Politik diterbitkan oleh Asosiasi Sarjana Sosial Ekonomi dan Politik Indonesia (ASSEPI). Nomor E-ISSN 2721-8201 berdasarkan SK Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) No 0005.27218201/JI.3.1/SK.ISSN/2020.04